Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Terkini · 16 Mei 2024 23:14 WIB · Waktu Baca

Ledakan Dahsyat di Luar Angkasa: Misteri Nova T Coronae Borealis Terungkap

Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi? Perbesar

Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi?

Ledakan Dahsyat di Luar Angkasa: Misteri Nova T Coronae Borealis Terungkap

Ledakan Dahsyat di Luar Angkasa: Misteri Nova T Coronae Borealis Terungkap

Ligaponsel.com – Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi?

Fenomena ledakan nova merupakan peristiwa dahsyat di luar angkasa yang terjadi ketika bintang katai putih menarik materi dari bintang pendampingnya. Akibatnya, terjadi ledakan termonuklir yang melepaskan energi dalam jumlah besar dan menyebabkan bintang tersebut menjadi sangat terang untuk sementara waktu.

Salah satu ledakan nova yang terkenal adalah T Coronae Borealis. Bintang ini meledak pada tahun 1866 dan menjadi sangat terang sehingga bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Namun, saat ini T Coronae Borealis telah kembali redup dan tidak dapat dilihat tanpa menggunakan teleskop.

Lantas, apakah kita masih bisa melihat ledakan nova T Coronae Borealis dari Bumi? Jawabannya adalah tidak. Meskipun bintang ini telah meledak pada tahun 1866, cahaya dari ledakan tersebut baru mencapai Bumi pada tahun 1868. Artinya, kita saat ini sedang melihat cahaya dari ledakan yang terjadi hampir 150 tahun yang lalu.

Namun, bukan berarti kita tidak dapat melihat ledakan nova sama sekali. Ada banyak ledakan nova yang terjadi di galaksi kita setiap tahunnya. Meskipun sebagian besar tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, beberapa di antaranya bisa menjadi sangat terang dan terlihat dari Bumi. Jadi, jika Anda beruntung, Anda mungkin berkesempatan untuk menyaksikan fenomena menakjubkan ini secara langsung.

Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi?

Ledakan dahsyat, bintang terang, cahaya jauh, waktu lampau, mata telanjang, kesempatan langka.

Keenam aspek ini merangkum esensi dari fenomena ledakan nova T Coronae Borealis. Ledakan dahsyat yang terjadi pada tahun 1866 membuat bintang ini menjadi sangat terang sehingga bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Namun, saat ini cahaya dari ledakan tersebut baru mencapai Bumi, artinya kita sedang melihat peristiwa yang terjadi hampir 150 tahun yang lalu. Meskipun ledakan nova T Coronae Borealis tidak dapat dilihat lagi dengan mata telanjang, kita masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan ledakan nova lainnya yang mungkin terjadi di galaksi kita setiap tahunnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Andika Perkasa Cagub DKI? Keputusan Mengejutkan PDIP!

1 Juli 2024 - 20:23 WIB

Heboh! Bos Oplos Gas Elpiji Diduga "Bebas" Usai "Tombok" Rp 50 Juta?

1 Juli 2024 - 20:18 WIB

Wasiat Misterius: Pria di Cimindi Bandung Tutup Usia

1 Juli 2024 - 20:13 WIB

BPJS Wajib Bikin SIM? 7 Daerah Ini Berlaku, Ada Sumsel!

1 Juli 2024 - 20:10 WIB

Diciduk! Penculik Balita di Jakarta, Faktanya Bikin Syok!

1 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tragedi Longsor Kandang Ayam Blitar: 2 Tewas, Pemilik Tertimbun

1 Juli 2024 - 19:59 WIB

Trending di Terkini