Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 16 Mei 2024 23:14 WIB · Waktu Baca

Ledakan Dahsyat di Luar Angkasa: Misteri Nova T Coronae Borealis Terungkap

Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi? Perbesar

Ledakan Dahsyat di Luar Angkasa: Misteri Nova T Coronae Borealis Terungkap

Ligaponsel.com – Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi?

Fenomena ledakan nova merupakan peristiwa dahsyat di luar angkasa yang terjadi ketika bintang katai putih menarik materi dari bintang pendampingnya. Akibatnya, terjadi ledakan termonuklir yang melepaskan energi dalam jumlah besar dan menyebabkan bintang tersebut menjadi sangat terang untuk sementara waktu.

Salah satu ledakan nova yang terkenal adalah T Coronae Borealis. Bintang ini meledak pada tahun 1866 dan menjadi sangat terang sehingga bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Namun, saat ini T Coronae Borealis telah kembali redup dan tidak dapat dilihat tanpa menggunakan teleskop.

Lantas, apakah kita masih bisa melihat ledakan nova T Coronae Borealis dari Bumi? Jawabannya adalah tidak. Meskipun bintang ini telah meledak pada tahun 1866, cahaya dari ledakan tersebut baru mencapai Bumi pada tahun 1868. Artinya, kita saat ini sedang melihat cahaya dari ledakan yang terjadi hampir 150 tahun yang lalu.

Namun, bukan berarti kita tidak dapat melihat ledakan nova sama sekali. Ada banyak ledakan nova yang terjadi di galaksi kita setiap tahunnya. Meskipun sebagian besar tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, beberapa di antaranya bisa menjadi sangat terang dan terlihat dari Bumi. Jadi, jika Anda beruntung, Anda mungkin berkesempatan untuk menyaksikan fenomena menakjubkan ini secara langsung.

Fenomena Ledakan Nova T Coronae Borealis, Bisakah Dilihat dari Bumi?

Ledakan dahsyat, bintang terang, cahaya jauh, waktu lampau, mata telanjang, kesempatan langka.

Keenam aspek ini merangkum esensi dari fenomena ledakan nova T Coronae Borealis. Ledakan dahsyat yang terjadi pada tahun 1866 membuat bintang ini menjadi sangat terang sehingga bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Namun, saat ini cahaya dari ledakan tersebut baru mencapai Bumi, artinya kita sedang melihat peristiwa yang terjadi hampir 150 tahun yang lalu. Meskipun ledakan nova T Coronae Borealis tidak dapat dilihat lagi dengan mata telanjang, kita masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan ledakan nova lainnya yang mungkin terjadi di galaksi kita setiap tahunnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta

Eksim Atopik: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan yang Wajib Diketahui

21 Mei 2024 - 21:59 WIB

Gejala Yang Muncul Di Kulit Akibat Eksim Atopik
Trending di Terkini