Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 17 Mei 2024 03:31 WIB · Waktu Baca

Bahaya Terselubung Sleep Apnea, Jangan Anggap Remeh!

Ini Bahaya Sleep Apnea yang Sering Disepelekan Perbesar

Bahaya Terselubung Sleep Apnea, Jangan Anggap Remeh!


Ligaponsel.com – Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami henti napas berulang kali saat tidur. Kondisi ini seringkali dianggap sepele, padahal bisa menimbulkan berbagai bahaya yang mengancam kesehatan.Berikut ini adalah beberapa bahaya sleep apnea yang seringkali disepelekan:

  1. Penyakit JantungSleep apnea meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini karena saat terjadi henti napas, kadar oksigen dalam darah menurun. Penurunan kadar oksigen ini dapat merusak jantung dan pembuluh darah.
  2. StrokeSleep apnea juga meningkatkan risiko stroke. Saat terjadi henti napas, tekanan darah naik. Tekanan darah tinggi ini dapat merusak pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke.
  3. DiabetesSleep apnea juga meningkatkan risiko diabetes. Saat terjadi henti napas, kadar hormon insulin dalam darah menurun. Penurunan kadar insulin ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.
  4. ObesitasSleep apnea seringkali dikaitkan dengan obesitas. Obesitas dapat memperburuk sleep apnea karena lemak di sekitar leher dapat menyempitkan jalan napas.
  5. KecelakaanSleep apnea dapat menyebabkan kantuk di siang hari. Kantuk ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan, baik di jalan maupun di tempat kerja.

Jika Anda mengalami gejala sleep apnea, seperti mendengkur keras, terbangun dengan napas tersengal-sengal, atau merasa lelah di siang hari, segera konsultasikan ke dokter. Sleep apnea dapat diobati dengan berbagai cara, seperti dengan menggunakan alat bantu pernapasan (CPAP) atau operasi.Jangan sepelekan sleep apnea. Kenali gejalanya dan segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya. Dengan pengobatan yang tepat, Anda dapat terhindar dari berbagai bahaya yang mengancam kesehatan.

Ini Bahaya Sleep Apnea yang Sering Disepelekan

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami henti napas berulang kali saat tidur. Kondisi ini seringkali dianggap sepele, padahal bisa menimbulkan berbagai bahaya yang mengancam kesehatan.

Berikut ini adalah 5 bahaya sleep apnea yang seringkali disepelekan:

  1. Penyakit Jantung
  2. Stroke
  3. Diabetes
  4. Obesitas
  5. Kecelakaan

Jangan sepelekan sleep apnea. Kenali gejalanya dan segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya. Dengan pengobatan yang tepat, Anda dapat terhindar dari berbagai bahaya yang mengancam kesehatan.

Penyakit Jantung

Tidur nyenyak itu penting banget buat kesehatan jantung. Tapi tahu nggak? Sleep apnea bisa bikin jantung kamu bermasalah!

Saat kamu kena sleep apnea, napas kamu berhenti-henti saat tidur. Hal ini bikin kadar oksigen dalam darah menurun, yang bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Akibatnya, risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke, jadi meningkat.

Stroke

Selain penyakit jantung, sleep apnea juga bisa meningkatkan risiko stroke. Soalnya, waktu napas kamu berhenti-henti saat tidur, tekanan darah naik. Nah, tekanan darah tinggi ini bisa merusak pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke.

Jadi, kalau kamu punya sleep apnea, jangan anggap remeh. Segera periksa ke dokter biar dapat pengobatan yang tepat dan terhindar dari bahaya stroke.

Diabetes

Tidur nyenyak itu penting banget buat kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk buat ngatur kadar gula darah.

Tapi kalau kamu kena sleep apnea, kadar gula darah kamu bisa naik. Soalnya, saat napas kamu berhenti-henti saat tidur, tubuh kamu memproduksi hormon stres yang bikin kadar gula darah meningkat.

Nah, kalau kadar gula darah tinggi terus-terusan, risiko kamu kena diabetes jadi lebih besar.

Obesitas

Siapa sangka kalau sleep apnea bisa bikin kamu gendut? Soalnya, waktu napas kamu berhenti-henti saat tidur, tubuh kamu memproduksi hormon stres yang bikin nafsu makan meningkat.

Nah, kalau kamu sering ngemil atau makan banyak saat malam hari, risiko kamu kena obesitas jadi lebih besar. Obesitas sendiri bisa bikin sleep apnea makin parah, jadi ini masalah yang harus diatasi bersamaan.

Kecelakaan

Kalau kamu sering ngantuk di siang hari, hati-hati ya! Soalnya, ngantuk itu bisa jadi tanda kamu kena sleep apnea.

Ngantuk karena sleep apnea ini bahaya banget, apalagi kalau kamu lagi nyetir atau ngoperasikan mesin. Soalnya, ngantuk bisa bikin kamu kehilangan konsentrasi dan refleks jadi lambat. Akibatnya, risiko kecelakaan jadi lebih tinggi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta

Eksim Atopik: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan yang Wajib Diketahui

21 Mei 2024 - 21:59 WIB

Gejala Yang Muncul Di Kulit Akibat Eksim Atopik
Trending di Terkini