Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Terkini · 17 Mei 2024 09:05 WIB · Waktu Baca

ICC Siap Tindak Tegas Israel Atas Kejahatan Perang di Palestina

Anggota DK PBB dorong ICC tak ragu bertindak tegas terhadap Israel Perbesar

ICC Siap Tindak Tegas Israel Atas Kejahatan Perang di Palestina

Ligaponsel.com – Anggota DK PBB Dorong ICC Tak Ragu Bertindak Tegas terhadap Israel

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk tidak ragu mengambil tindakan tegas terhadap Israel jika terbukti melakukan kejahatan perang di wilayah Palestina.

Desakan tersebut disampaikan dalam sebuah resolusi yang didukung oleh 11 anggota DK PBB, termasuk Indonesia. Sementara Amerika Serikat dan Inggris memilih abstain, dan Rusia dan Tiongkok memilih menentang.

Resolusi tersebut menyerukan ICC untuk membuka penyelidikan atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel dan kelompok bersenjata Palestina di wilayah Palestina yang diduduki sejak tahun 1967.

ICC adalah pengadilan internasional yang bertugas mengadili individu atas kejahatan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan kejahatan agresi.

Kasus dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina telah menjadi perhatian ICC sejak tahun 2015. Namun, penyelidikan belum dapat dilakukan karena Israel bukan merupakan anggota ICC dan tidak mengakui yurisdiksi pengadilan tersebut.

Resolusi DK PBB ini merupakan langkah maju yang penting dalam upaya untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas dugaan kejahatan perangnya di wilayah Palestina.

Anggota DK PBB Dorong ICC Bertindak Tegas ke Israel

5 Aspek Penting:

  • Desakan Dewan Keamanan PBB
  • Kejahatan perang di Palestina
  • Mandat Pengadilan Kriminal Internasional (ICC)
  • Tanggung jawab Israel
  • Langkah maju dalam keadilan

Resolusi DK PBB ini menegaskan komitmen internasional untuk meminta pertanggungjawaban pelaku kejahatan perang, termasuk Israel. ICC memiliki mandat untuk mengadili individu atas kejahatan serius, dan kasus dugaan kejahatan perang di Palestina telah menjadi perhatian pengadilan sejak tahun 2015. Resolusi ini merupakan langkah maju yang penting dalam upaya untuk memastikan keadilan bagi para korban kejahatan perang di wilayah Palestina.

Desakan Dewan Keamanan PBB

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) telah mengeluarkan sebuah resolusi yang mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk tidak ragu mengambil tindakan tegas terhadap Israel jika terbukti melakukan kejahatan perang di wilayah Palestina.

Desakan ini merupakan langkah penting dalam upaya meminta pertanggungjawaban Israel atas dugaan kejahatan perangnya di wilayah Palestina.

Kejahatan Perang di Palestina

Kejahatan perang adalah tindakan serius yang melanggar hukum humaniter internasional. Kejahatan perang dapat mencakup pembunuhan yang disengaja, penyiksaan, atau perlakuan kejam lainnya terhadap warga sipil atau tawanan perang, serta penghancuran harta benda secara luas.

Di wilayah Palestina yang diduduki, terdapat dugaan bahwa baik Israel maupun kelompok bersenjata Palestina telah melakukan kejahatan perang. Dugaan kejahatan perang ini telah diselidiki oleh berbagai organisasi, termasuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

ICC adalah pengadilan internasional yang bertugas mengadili individu atas kejahatan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan kejahatan agresi. ICC hanya dapat mengadili individu jika negara tempat kejahatan tersebut dilakukan adalah anggota ICC atau telah menerima yurisdiksi pengadilan.

Israel bukan merupakan anggota ICC dan tidak mengakui yurisdiksi pengadilan tersebut. Namun, ICC telah membuka penyelidikan awal atas dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina. Penyelidikan ini masih berlangsung, dan ICC belum mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap individu mana pun.

Mandat Pengadilan Kriminal Internasional (ICC)

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) adalah pengadilan internasional yang bertugas mengadili individu atas kejahatan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan kejahatan agresi. ICC hanya dapat mengadili individu jika negara tempat kejahatan tersebut dilakukan adalah anggota ICC atau telah menerima yurisdiksi pengadilan.

ICC didirikan pada tahun 2002 dengan tujuan untuk mengakhiri impunitas bagi pelaku kejahatan paling serius yang menjadi perhatian internasional. ICC adalah pengadilan pelengkap, artinya hanya akan mengadili kasus-kasus yang tidak dapat atau tidak mau diadili oleh pengadilan nasional.

ICC telah membuka penyelidikan di beberapa negara, termasuk Sudan, Kongo, Kenya, dan Libya. ICC juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap beberapa individu, termasuk mantan presiden Sudan Omar al-Bashir.

Kasus dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina telah menjadi perhatian ICC sejak tahun 2015. Namun, penyelidikan belum dapat dilakukan karena Israel bukan merupakan anggota ICC dan tidak mengakui yurisdiksi pengadilan tersebut.

Tanggung Jawab Israel

Israel memiliki kewajiban untuk menghormati hukum humaniter internasional dan meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukan kejahatan perang. Resolusi Dewan Keamanan PBB ini merupakan pengingat penting akan kewajiban ini.

ICC adalah pengadilan independen dan tidak memihak yang bertugas mengadili individu atas kejahatan paling serius yang menjadi perhatian internasional. ICC hanya dapat mengadili kasus-kasus yang tidak dapat atau tidak mau diadili oleh pengadilan nasional.

Kasus dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina telah menjadi perhatian ICC sejak tahun 2015. Namun, penyelidikan belum dapat dilakukan karena Israel bukan merupakan anggota ICC dan tidak mengakui yurisdiksi pengadilan tersebut.

Resolusi Dewan Keamanan PBB ini merupakan langkah maju yang penting dalam upaya meminta pertanggungjawaban Israel atas dugaan kejahatan perangnya di wilayah Palestina.

Langkah Maju dalam Keadilan

Dewan Keamanan PBB telah mengambil langkah penting dalam upaya menegakkan keadilan bagi para korban kejahatan perang di Palestina.

Resolusi yang didukung oleh 11 anggota DK PBB tersebut mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk tidak ragu mengambil tindakan tegas terhadap Israel jika terbukti melakukan kejahatan perang di wilayah Palestina.

Ini merupakan perkembangan yang signifikan dalam upaya meminta pertanggungjawaban Israel atas dugaan kejahatan perangnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Mengungkap 4 Faktor Pemicu Sindrom Kematian Bayi yang Jarang Diketahui

27 Mei 2024 - 14:04 WIB

4 Faktor Yang Meningkatkan Potensi Sindrom Kematian Bayi

Awas, Sindrom Langka Ini Bisa Bikin Penglihatan Terganggu!

27 Mei 2024 - 13:00 WIB

Awas Sindrom Horner Dapat Memengaruhi Penglihatan

Terungkap! Masalah Protein Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

27 Mei 2024 - 11:35 WIB

Masalah Protein Dalam Tubuh Bisa Sebabkan Sindrom Nefrotik

Terungkap! Perbedaan Mencengangkan Serangan Jantung dan Panik

27 Mei 2024 - 10:20 WIB

Ini Bedanya Serangan Jantung Dan Serangan Panik

Fakta Skizofrenia Paranoid yang Bikin Merinding!

27 Mei 2024 - 09:19 WIB

Gejala Skizofrenia Paranoid Yang Perlu Diwaspadai

Terungkap! Alasan Penting Mengapa Kepala Pingsan Harus Lebih Rendah

27 Mei 2024 - 07:41 WIB

Orang Pingsan Posisi Kepala Harus Lebih Rendah Ini Alasannya
Trending di Terkini