Alasan Mengejutkan Mengapa Palestina Tak Kunjung Jadi Anggota PBB

waktu baca 4 menit
Kamis, 16 Mei 2024 17:27 0 12 Pasha

Alasan Mengejutkan Mengapa Palestina Tak Kunjung Jadi Anggota PBB

Alasan Mengejutkan Mengapa Palestina Tak Kunjung Jadi Anggota PBB

Ligaponsel.com – Latar Belakang Palestina Tidak Menjadi Anggota PBB

Palestina adalah sebuah wilayah di Timur Tengah yang telah menjadi subyek konflik dan perdebatan selama beberapa dekade. Salah satu aspek paling menonjol dari konflik ini adalah kegagalan Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ada sejumlah alasan mengapa Palestina belum menjadi anggota penuh PBB. Salah satu alasannya adalah karena Palestina tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota berdasarkan definisi negara anggota PBB. Menurut Pasal 4 Piagam PBB, sebuah negara harus “mencintai perdamaian”, “menerima kewajiban yang ditetapkan dalam Piagam ini”, dan “mampu melaksanakan kewajiban tersebut”. Palestina tidak memenuhi syarat berdasarkan definisi ini karena masih terlibat dalam konflik dengan Israel dan belum menerima semua ketentuan Piagam PBB.

Alasan lainnya adalah karena Palestina belum mendapatkan dukungan dari cukup banyak negara anggota PBB. Untuk menjadi anggota penuh PBB, suatu negara harus didukung oleh setidaknya dua pertiga dari anggota Majelis Umum PBB. Palestina belum dapat memperoleh dukungan ini karena sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, menentang keanggotaannya.

Kegagalan Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di PBB mempunyai sejumlah konsekuensi. Salah satu konsekuensinya adalah Palestina tidak memiliki suara dalam urusan internasional. Hal ini mempersulit Palestina untuk membela kepentingannya dan mengadvokasi rakyatnya.

Konsekuensi lainnya adalah Palestina tidak dapat mengakses sumber daya dan bantuan yang tersedia bagi negara-negara anggota PBB. Hal ini mempersulit Palestina untuk membangun ekonominya dan meningkatkan kehidupan rakyatnya.

Kegagalan Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di PBB merupakan masalah yang kompleks dengan sejarah panjang. Ada sejumlah alasan mengapa Palestina belum menjadi anggota penuh PBB, dan kegagalan ini mempunyai sejumlah konsekuensi bagi rakyat Palestina.

Latar Belakang Palestina Tidak Menjadi Anggota PBB

Kenapa Palestina belum jadi anggota PBB? Ini alasannya:

  • Tidak memenuhi syarat
  • Kurang dukungan
  • Konflik berkepanjangan
  • Tidak diakui secara internasional
  • Kendala politis
  • Masalah ekonomi

Kegagalan Palestina menjadi anggota PBB berdampak pada:

  • Suara Palestina tidak didengar di dunia internasional
  • Bantuan internasional terbatas
  • Ekonomi Palestina terhambat

Konflik Palestina-Israel yang berkepanjangan dan kurangnya pengakuan internasional menjadi penghambat utama keanggotaan Palestina di PBB. Dukungan politik dan ekonomi sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini dan memberikan harapan bagi rakyat Palestina.

Tidak memenuhi syarat

Salah satu alasan utama Palestina belum menjadi anggota penuh PBB adalah karena tidak memenuhi syarat berdasarkan definisi negara anggota PBB. Menurut Pasal 4 Piagam PBB, sebuah negara harus “mencintai perdamaian”, “menerima kewajiban yang ditetapkan dalam Piagam ini”, dan “mampu melaksanakan kewajiban tersebut”. Palestina tidak memenuhi syarat berdasarkan definisi ini karena masih terlibat dalam konflik dengan Israel dan belum menerima semua ketentuan Piagam PBB.

Kurang dukungan

Selain tidak memenuhi syarat, Palestina juga belum mendapatkan dukungan dari cukup banyak negara anggota PBB. Untuk menjadi anggota penuh PBB, suatu negara harus didukung oleh setidaknya dua pertiga dari anggota Majelis Umum PBB. Palestina belum dapat memperoleh dukungan ini karena sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, menentang keanggotaannya.

Konflik berkepanjangan

Sudah puluhan tahun, Palestina masih berjuang untuk menjadi anggota PBB. Tapi kenapa ya? Ternyata, ada beberapa alasan yang bikin Palestina belum bisa jadi anggota penuh PBB.

Salah satu alasannya adalah karena Palestina dan Israel masih terus berkonflik. Konflik ini membuat Palestina sulit memenuhi syarat untuk menjadi anggota PBB, yaitu harus “mencintai perdamaian” dan “menerima semua kewajiban dalam Piagam PBB”.

Tidak diakui secara internasional

Selain konflik berkepanjangan, Palestina juga belum diakui secara internasional sebagai sebuah negara merdeka. Hal ini membuat Palestina sulit untuk memenuhi syarat menjadi anggota PBB, yaitu harus “mampu melaksanakan kewajiban sebagai anggota PBB”.

Kurangnya pengakuan internasional ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk keberatan dari Israel dan sekutunya. Akibatnya, Palestina tidak dapat berpartisipasi penuh dalam sistem internasional dan tidak dapat mengakses sumber daya dan bantuan yang tersedia bagi negara-negara anggota PBB.

Kendala politis

Selain kendala hukum, Palestina juga menghadapi kendala politis dalam upayanya menjadi anggota PBB. Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, menentang keanggotaan Palestina karena khawatir hal ini akan semakin memperumit konflik Israel-Palestina.

Amerika Serikat memiliki pengaruh yang kuat di PBB, dan penentangannya terhadap keanggotaan Palestina merupakan hambatan besar bagi Palestina. Selain itu, beberapa negara lain juga khawatir bahwa keanggotaan Palestina akan membuka pintu bagi negara-negara lain yang tidak diakui secara internasional untuk bergabung dengan PBB.

Masalah ekonomi

Selain kendala hukum dan politis, Palestina juga menghadapi masalah ekonomi yang menghambat keanggotaannya di PBB. Palestina memiliki ekonomi yang lemah dan bergantung pada bantuan internasional. Hal ini mempersulit Palestina untuk memenuhi kewajiban keuangannya sebagai anggota PBB.

Selain itu, pendudukan Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza telah merusak ekonomi Palestina. Israel membatasi pergerakan barang dan jasa, dan mengendalikan sumber daya alam Palestina. Hal ini mempersulit Palestina untuk mengembangkan ekonominya dan meningkatkan standar hidup rakyatnya.