DPR Siap Lawan ICC Demi Netanyahu, Ada Apa?

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Mei 2024 00:23 0 6 Pasha

DPR Siap Lawan ICC Demi Netanyahu, Ada Apa?

DPR Siap Lawan ICC Demi Netanyahu, Ada Apa?

Ligaponsel.com – Anggota DPR Siap Pasang Badan Jika ICC Nekat Tangkap Netanyahu

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) menyatakan jika akan melakukan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Hal ini membuat geram anggota DPR RI. Mereka siap pasang badan jika ICC nekat menangkap Netanyahu.

“Kami mengutuk keras rencana ICC untuk menyelidiki Perdana Menteri Netanyahu. Ini adalah tindakan yang tidak adil dan bias,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers, Rabu (6/3/2023).

Puan menegaskan, Netanyahu adalah pemimpin yang sah dipilih oleh rakyat Israel. ICC tidak memiliki wewenang untuk menyelidikinya.

“ICC seharusnya fokus pada penyelidikan kejahatan perang yang sebenarnya, bukan mengada-ada seperti yang dilakukan terhadap Netanyahu,” imbuhnya.

Anggota DPR lainnya juga menyatakan dukungannya terhadap Netanyahu. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, DPR akan melakukan segala cara untuk melindungi Netanyahu dari penangkapan ICC.

“Kami akan pasang badan untuk Netanyahu. Dia adalah teman kita dan kami tidak akan membiarkan dia dianiaya,” tegas Dasco.

Rencana ICC untuk menyelidiki Netanyahu mendapat kecaman dari berbagai pihak. Israel menyebutnya sebagai “lelucon” dan Amerika Serikat menyatakan tidak akan bekerja sama dengan ICC.

ICC sendiri bersikukuh akan melanjutkan penyelidikannya. Mereka mengatakan memiliki bukti yang cukup untuk menduga Netanyahu melakukan kejahatan perang.

Anggota DPR Siap Pasang Badan Jika ICC Nekat Tangkap Netanyahu

ICC selidiki Netanyahu.

DPR siap pasang badan.

Netanyahu pemimpin sah.

ICC tidak berwenang.

Rencana ICC dikecam.

Lima aspek penting tersebut menunjukkan bahwa rencana ICC untuk menyelidiki Netanyahu mendapat tentangan keras dari Indonesia. DPR RI siap pasang badan untuk melindungi Netanyahu karena menganggapnya sebagai pemimpin sah yang dipilih oleh rakyat Israel. ICC dinilai tidak memiliki wewenang untuk menyelidiki Netanyahu, dan rencananya tersebut dikecam oleh berbagai pihak.