Makanan Terlarang yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung Mendadak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Mei 2024 00:54 0 8 Pasha

Makanan Terlarang yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung Mendadak

Makanan Terlarang yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung Mendadak

Ligaponsel.com – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, penderita penyakit jantung wajib menghindari makanan-makanan tertentu.

Berikut adalah 4 makanan yang wajib dihindari penderita penyakit jantung:

  1. Makanan berlemak jenuh

Makanan berlemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Sumber makanan berlemak jenuh antara lain daging merah, mentega, keju, dan es krim.

Makanan berlemak trans

Makanan berlemak trans bahkan lebih berbahaya daripada makanan berlemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Sumber makanan berlemak trans antara lain margarin, kue kering, dan makanan olahan.

Makanan tinggi natrium

Makanan tinggi natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sumber makanan tinggi natrium antara lain makanan kaleng, makanan beku, dan makanan olahan.

Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sumber makanan tinggi gula antara lain minuman manis, permen, dan kue.

Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penderita penyakit jantung juga perlu mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Dengan pola makan yang sehat, penderita penyakit jantung dapat mengurangi risiko terkena komplikasi penyakit jantung.

4 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Makanan berlemak jenuh, makanan berlemak trans, makanan tinggi natrium, makanan tinggi gula, buah-buahan, sayuran, biji-bijian.

Keenam aspek ini saling berkaitan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan berlemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Makanan tinggi natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Makanan tinggi gula dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sementara itu, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung.