Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Terkini · 1 Jul 2024 02:23 WIB · Waktu Baca

Waspada! Urban Heat Island Picu Kejang, Ini Faktanya

Waspada! Urban Heat Island Picu Kejang, Ini Faktanya

Waspada! Urban Heat Island Picu Kejang, Ini Faktanya

Ligaponsel.com – Fenomena ‘Urban Heat Island’ Bisa Timbulkan Kejang-kejang? Wah, serem juga ya kedengarannya! Istilah ini memang sedikit menggelitik, tapi efeknya nggak main-main lho! ‘Urban Heat Island’ atau yang biasa disingkat UHI ini sebenarnya menggambarkan bagaimana suhu di daerah perkotaan jauh lebih panas dibandingkan daerah pinggiran yang lebih hijau. Bayangin deh, kayak kamu lagi memanggang kue, tapi kuenya itu kota kita!

Nah, “kejang-kejang” di sini sebenarnya merujuk pada dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh panas ekstrem akibat UHI ini. Panas ekstrem bisa bikin kita dehidrasi, heat stroke, bahkan sampai kejang-kejang! Kok bisa ya? Simpelnya, UHI bikin suhu udara meningkat drastis. Beton dan aspal di perkotaan menyerap panas matahari dan melepasnya di malam hari. Ditambah lagi, kurangnya pepohonan di kota membuat udara semakin panas dan pengap.

Eits, tapi tenang dulu! Ada kok cara untuk mengatasi UHI ini. Yuk, kita mulai perbanyak ruang terbuka hijau di perkotaan! Kita bisa mulai dari hal kecil seperti menanam pohon di pekarangan rumah. Selain itu, kurangi juga penggunaan kendaraan pribadi dan beralihlah ke transportasi umum atau sepeda. Dengan begitu, kita bisa mengurangi polusi udara yang juga menjadi salah satu penyebab UHI. Yuk, kita jaga bumi kita agar tetap adem dan nyaman untuk ditinggali!

Fenomena ‘Urban Heat Island’ Bisa Timbulkan Kejang-kejang

Wah, judulnya bikin merinding ya? Tapi tenang, kita bahas bareng-bareng yuk! Ternyata, “kejang-kejang” di sini bukan cuma kiasan, lho! Panas ekstrem di kota gara-gara “Urban Heat Island” bisa bikin badan kita kepanasan berat! Nah, biar lebih paham, yuk kita intip 7 poin penting ini:

1. Beton & Aspal: Penyerap Panas
2. Kurang Pohon: Udara Makin Panas
3. Polusi Udara: Memperparah UHI
4. Dehidrasi: Ancaman Serius
5. Heat Stroke: Bahaya!
6. Kejang: Efek Panas Ekstrem
7. Ruang Terbuka Hijau: Solusi Cerdas

Seru kan? Jadi, “Urban Heat Island” ini kayak efek ‘kompor’ raksasa di tengah kota! Bayangin, beton dan aspal menyerap panas matahari, terus dilepasin lagi pas malam. Ditambah lagi, polusi udara makin bikin gerah! Makanya, penting banget nih buat memperbanyak ruang terbuka hijau di kota kita. Tanam pohon, kurangi pakai kendaraan pribadi, dan jangan lupa minum air putih yang banyak ya!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Andika Perkasa Cagub DKI? Keputusan Mengejutkan PDIP!

1 Juli 2024 - 20:23 WIB

Heboh! Bos Oplos Gas Elpiji Diduga "Bebas" Usai "Tombok" Rp 50 Juta?

1 Juli 2024 - 20:18 WIB

Wasiat Misterius: Pria di Cimindi Bandung Tutup Usia

1 Juli 2024 - 20:13 WIB

BPJS Wajib Bikin SIM? 7 Daerah Ini Berlaku, Ada Sumsel!

1 Juli 2024 - 20:10 WIB

Diciduk! Penculik Balita di Jakarta, Faktanya Bikin Syok!

1 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tragedi Longsor Kandang Ayam Blitar: 2 Tewas, Pemilik Tertimbun

1 Juli 2024 - 19:59 WIB

Trending di Terkini