WASPADA! Demam Tinggi Anak Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Berbahaya Ini

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 05:22 0 12 Ilyas

WASPADA! Demam Tinggi Anak Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Berbahaya Ini

Ligaponsel.com – Awas Demam Tinggi Pada Anak Menandai 4 Penyakit Ini

Demam tinggi pada anak memang mengkhawatirkan. Apalagi kalau sampai berhari-hari tidak kunjung reda. Nah, ternyata demam tinggi pada anak bisa menandai 4 penyakit ini:

1. Campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sangat menular dan bisa menyebabkan demam tinggi, batuk, pilek, dan ruam kemerahan di seluruh tubuh.

2. Rubella

Rubella juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala rubella mirip dengan campak, yaitu demam tinggi, batuk, pilek, dan ruam kemerahan. Namun, ruam pada rubella biasanya lebih ringan dibandingkan campak.

3. Demam berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala demam berdarah antara lain demam tinggi, nyeri otot dan sendi, serta mual dan muntah.

4. Tifus

Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Gejala tifus antara lain demam tinggi, sakit kepala, mual, dan muntah.

Jika anak Anda mengalami demam tinggi, segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengetahui penyebab demam. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat.

Awas Demam Tinggi Pada Anak Menandai 4 Penyakit Ini

Demam tinggi pada anak memang mengkhawatirkan. Kenali 4 penyakit yang bisa mengintai di balik demam tinggi anak Anda:

Campak, rubella, demam berdarah, tifus

Dengan mengetahui penyakit-penyakit ini, Anda dapat lebih waspada dan segera mengambil tindakan jika anak Anda mengalami demam tinggi.