Terungkap! Bulan Ternyata Lahir dari Bumi

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 23:56 0 4 Bryanka

Terungkap! Bulan Ternyata Lahir dari Bumi

Ligaponsel.com – Ahli Geofisika AS Yakin Bulan Lahir di Bumi, Dunia Sains Geger

Sebuah tim ahli geofisika dari Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Mereka yakin bahwa Bulan terbentuk dari Bumi, bukan dari tabrakan dengan benda langit lain seperti yang selama ini diyakini.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Robin Canup dari Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, ini didasarkan pada analisis data dari misi GRAIL (Gravity Recovery and Interior Laboratory) NASA. Misi GRAIL, yang diluncurkan pada tahun 2011, mengorbit Bulan selama hampir dua tahun untuk memetakan medan gravitasinya.

Data dari GRAIL menunjukkan bahwa Bulan memiliki inti yang lebih kecil dan kerak yang lebih tebal dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa Bulan terbentuk dari material Bumi yang terlepas akibat tabrakan dengan benda langit lain, bukan dari tabrakan langsung dengan benda langit tersebut.

Temuan ini telah membuat geger dunia sains. Jika benar, maka teori tentang asal usul Bulan yang telah dianut selama bertahun-tahun harus direvisi.

Penelitian ini masih memerlukan verifikasi lebih lanjut, tetapi temuan awal ini sangat menarik dan memiliki implikasi besar bagi pemahaman kita tentang tata surya.

Ahli Geofisika AS Yakin Bulan Lahir di Bumi, Dunia Sains Geger

Asal usul bulan jadi perbincangan seru.

Ahli geofisika asal negeri Paman Sam punya teori baru.

Mereka yakin bulan lahir dari Bumi.

Temuan ini bikin heboh dunia sains.

Teori lama tentang asal usul bulan pun terancam runtuh.