Temuan Menakjubkan! Planet Super Empuk, Secerah Gula Kapas Ditemukan!

waktu baca 4 menit
Kamis, 16 Mei 2024 09:54 0 9 Bryanka

Temuan Menakjubkan! Planet Super Empuk, Secerah Gula Kapas Ditemukan!

Ligaponsel.com – Tim astronom telah menemukan sebuah planet unik yang sangat empuk dengan kepadatan seperti gula kapas. Planet ini diberi nama TOI-3757 b dan terletak sekitar 580 tahun cahaya dari Bumi.

Planet Super Empuk

TOI-3757 b adalah sebuah planet gas raksasa dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari Jupiter. Namun, yang membuat planet ini unik adalah kepadatannya yang sangat rendah, hanya sekitar 0,27 gram per sentimeter kubik. Sebagai perbandingan, kepadatan air adalah 1 gram per sentimeter kubik dan kepadatan Bumi adalah 5,51 gram per sentimeter kubik.

Kepadatan TOI-3757 b yang rendah menunjukkan bahwa planet ini memiliki atmosfer yang sangat tebal dan mengembang. Atmosfer ini kemungkinan besar terdiri dari hidrogen dan helium, dengan sedikit unsur-unsur berat lainnya.

Terbentuk dari Sisa-sisa Bintang

Para astronom percaya bahwa TOI-3757 b terbentuk dari sisa-sisa bintang yang telah meledak. Ledakan bintang tersebut menciptakan awan gas dan debu yang kemudian menggumpal menjadi sebuah planet. Gumpalan gas dan debu ini tidak memiliki cukup massa untuk menjadi sebuah bintang, sehingga terbentuklah sebuah planet gas raksasa.

Planet yang Menarik

TOI-3757 b adalah sebuah planet yang sangat menarik bagi para astronom. Planet ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana planet terbentuk dan berevolusi. Selain itu, planet ini juga dapat memberikan petunjuk tentang keberadaan kehidupan di luar Bumi.

Para astronom berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang TOI-3757 b dengan menggunakan teleskop luar angkasa seperti Hubble dan James Webb. Teleskop-teleskop ini akan memungkinkan para astronom untuk mempelajari atmosfer planet ini secara lebih rinci dan mencari tanda-tanda kehidupan.

Tim Astronom Temukan Planet Unik, Super Empuk dengan Kepadatan Seperti Gula Kapas

Lima aspek penting dari penemuan planet TOI-3757 b:

  • Planet raksasa gas
  • Kepadatan sangat rendah
  • Atmosfer tebal dan mengembang
  • Terbentuk dari sisa bintang
  • Planet yang menarik

Penemuan TOI-3757 b memberikan wawasan baru tentang pembentukan dan evolusi planet. Planet ini juga dapat memberikan petunjuk tentang keberadaan kehidupan di luar Bumi. Para astronom berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang TOI-3757 b dengan menggunakan teleskop luar angkasa seperti Hubble dan James Webb.

Planet Raksasa Gas

Siapa sangka, di luar angkasa sana ada sebuah planet yang super unik bernama TOI-3757 b. Planet ini bagaikan bola gas raksasa, ukurannya bahkan lebih besar dari Jupiter, lho!

Yang bikin TOI-3757 b beda dari planet lainnya adalah kepadatannya yang super rendah, hanya sekitar 0,27 gram per sentimeter kubik. Bayangin aja, se ringan gula kapas!

Kepadatan sangat rendah

Bayangin sebuah planet yang ringan banget, seringan kapas! Itulah TOI-3757 b, sebuah planet raksasa gas yang baru aja ditemukan oleh para astronom. Kepadatannya cuma sekitar 0,27 gram per sentimeter kubik, jauh lebih rendah dari Bumi yang punya kepadatan 5,51 gram per sentimeter kubik.

Kepadatan yang sangat rendah ini menunjukkan bahwa TOI-3757 b punya atmosfer yang sangat tebal dan mengembang. Atmosfer ini kemungkinan besar terdiri dari hidrogen dan helium, dengan sedikit unsur-unsur berat lainnya.

Atmosfer Tebal dan Mengembang

Planet TOI-3757 b memiliki atmosfer yang sangat tebal dan mengembang, bagaikan marshmallow luar angkasa! Atmosfernya yang ringan ini membuat planet ini sangat unik dan menarik bagi para astronom.

Ketebalan atmosfer TOI-3757 b disebabkan oleh kepadatannya yang sangat rendah. Atmosfer ini kemungkinan besar terdiri dari hidrogen dan helium, dengan sedikit unsur-unsur berat lainnya.

Terbentuk dari sisa bintang

Planet TOI-3757 b terbentuk dari sisa-sisa bintang yang telah meledak. Ledakan bintang tersebut menciptakan awan gas dan debu yang kemudian menggumpal menjadi sebuah planet.

Gumpalan gas dan debu ini tidak memiliki cukup massa untuk menjadi sebuah bintang, sehingga terbentuklah sebuah planet gas raksasa.

Planet yang menarik

Siapa sangka, di luar angkasa sana ada sebuah planet yang super unik bernama TOI-3757 b. Planet ini bagaikan bola gas raksasa, ukurannya bahkan lebih besar dari Jupiter, lho!

Yang bikin TOI-3757 b beda dari planet lainnya adalah kepadatannya yang super rendah, hanya sekitar 0,27 gram per sentimeter kubik. Bayangin aja, se ringan gula kapas!