Waspada! Hewan-Hewan Ini Bisa Tularkan Penyakit Pes di Sekitar Rumah

waktu baca 4 menit
Jumat, 10 Mei 2024 09:59 0 16 Kinara

Waspada! Hewan-Hewan Ini Bisa Tularkan Penyakit Pes di Sekitar Rumah


Ligaponsel.com – Pengertian dan Contoh “Inilah Perantara Penyakit Pes Di Sekitar Rumah”

Halo, para pembaca setia Ligaponsel.com! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai perantara penyakit pes yang ada di sekitar rumah. Yuk, simak artikel berikut ini!

Penyakit pes adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Bakteri ini dapat ditularkan melalui gigitan kutu yang terinfeksi. Kutu ini biasanya ditemukan pada hewan pengerat, seperti tikus dan tupai. Di sekitar rumah, terdapat beberapa hewan yang dapat menjadi perantara penyakit pes, di antaranya:

  1. Tikus
  2. Tupai
  3. Kucing
  4. Anjing
  5. Kelinci

Hewan-hewan ini dapat terinfeksi bakteri Yersinia pestis dari kutu yang menggigitnya. Setelah terinfeksi, hewan-hewan ini dapat menularkan penyakit pes kepada manusia melalui gigitan atau cakaran.

Untuk mencegah tertular penyakit pes, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Hindari kontak dengan hewan pengerat dan hewan liar lainnya.
  • Gunakan obat anti kutu pada hewan peliharaan.
  • Bersihkan rumah secara teratur untuk menghilangkan kutu.
  • Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala penyakit pes, seperti demam, menggigil, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, kita dapat terhindar dari penyakit pes yang berbahaya.

Inilah Perantara Penyakit Pes Di Sekitar Rumah

Tahukah kamu, penyakit pes bisa mengintai di sekitar rumahmu! Yuk, kenali hewan-hewan yang jadi perantaranya:

  • Tikus
  • Tupai
  • Kucing
  • Anjing
  • Kelinci

Hewan-hewan ini bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Nah, kalau hewan-hewan ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, yuk lakukan hal-hal ini:

  • Jauhi hewan pengerat dan hewan liar.
  • Beri obat kutu pada hewan peliharaan.
  • Bersihkan rumah rutin untuk usir kutu.
  • Langsung periksa ke dokter kalau ada gejala pes, seperti demam, menggigil, dan benjolan di ketiak.

Jadi, selalu waspada dan jaga kebersihan rumah ya! Penyakit pes bisa dicegah kok!

Tikus

Hewan pengerat yang satu ini memang dikenal jorok dan suka mencari makanan di tempat sampah. Tapi, siapa sangka kalau tikus bisa jadi perantara penyakit pes yang berbahaya?Yap, tikus bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Nah, kalau tikus ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, yuk jaga kebersihan rumah dan jangan biarkan ada makanan berserakan. Soalnya, tikus suka banget sama makanan sisa. Selain itu, tutup lubang-lubang di rumah yang bisa jadi jalan masuk tikus. Kalau perlu, pasang perangkap tikus untuk menangkap tikus yang masuk ke rumah.

Tupai

Hewan kecil yang suka melompat-lompat di pohon ini juga bisa jadi perantara penyakit pes, lho!

Sama seperti tikus, tupai bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Kalau tupai ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, hindari memberi makan tupai liar. Soalnya, tupai yang diberi makan jadi terbiasa dengan manusia dan bisa jadi lebih berani menggigit atau mencakar.

Kucing

Siapa sangka hewan peliharaan kesayangan kita, kucing, juga bisa jadi perantara penyakit pes? Yap, kucing bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Nah, kalau kucing ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, yuk jaga kebersihan kucing kita dengan rutin memandikannya dan memberinya obat kutu. Selain itu, hindari membiarkan kucing berkeliaran di luar rumah, karena bisa terinfeksi kutu dari hewan lain.

Anjing

Siapa sangka, anjing kesayangan kita juga bisa jadi perantara penyakit pes? Yap, anjing bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Nah, kalau anjing ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, yuk jaga kebersihan anjing kita dengan rutin memandikannya dan memberinya obat kutu. Selain itu, hindari membiarkan anjing berkeliaran di luar rumah, karena bisa terinfeksi kutu dari hewan lain.

Kelinci

Siapa sangka, hewan lucu yang suka melompat-lompat ini juga bisa jadi perantara penyakit pes? Yap, kelinci bisa terinfeksi bakteri pes dari kutu yang menggigitnya. Nah, kalau kelinci ini menggigit atau mencakar kita, bisa deh tertular penyakit pes.

Untuk mencegahnya, yuk jaga kebersihan kelinci kita dengan rutin memandikannya dan memberinya obat kutu. Selain itu, hindari membiarkan kelinci berkeliaran di luar rumah, karena bisa terinfeksi kutu dari hewan lain.

Jauhi Hewan Pengerat dan Hewan Liar

Tahukah kamu, penyakit pes mengintai di sekitar kita? Hewan-hewan ini bisa jadi perantaranya:

  • Tikus
  • Tupai
  • Kucing
  • Anjing
  • Kelinci

Hindari kontak dengan mereka ya, soalnya gigitan atau cakarannya bisa bikin kamu tertular penyakit pes.