Terungkap! 3 Faktor Penyebab Tennis Elbow yang Selama Ini Tak Anda Ketahui

waktu baca 3 menit
Senin, 13 Mei 2024 22:13 0 14 Kinara

Terungkap! 3 Faktor Penyebab Tennis Elbow yang Selama Ini Tak Anda Ketahui


Ligaponsel.com – Ini 3 Faktor Seseorang Rentan Mengalami Tennis Elbow

Tennis elbow adalah kondisi peradangan pada tendon yang menempel pada tulang siku bagian luar. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan otot lengan bawah, terutama pada gerakan memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan. Siapa saja bisa mengalami tennis elbow, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalaminya.

Berikut adalah 3 faktor seseorang rentan mengalami tennis elbow:

  1. Usia: Risiko tennis elbow meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, tendon menjadi lebih lemah dan lebih rentan terhadap cedera.
  2. Jenis pekerjaan atau hobi: Orang yang pekerjaannya atau hobinya melibatkan gerakan berulang yang memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan berisiko lebih tinggi mengalami tennis elbow. Contohnya, pekerja konstruksi, pemain tenis, dan pemain golf.
  3. Riwayat cedera sebelumnya: Orang yang pernah mengalami cedera pada siku atau pergelangan tangan sebelumnya berisiko lebih tinggi mengalami tennis elbow.

Jika Anda mengalami nyeri pada siku bagian luar, terutama saat menggenggam atau memutar pergelangan tangan, Anda mungkin mengalami tennis elbow. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Ini 3 Faktor Seseorang Rentan Mengalami Tennis Elbow

Tahukah kamu apa saja faktor yang membuat seseorang rentan mengalami tennis elbow? Yuk, simak 3 faktor utamanya:

  1. Usia: Semakin tua, semakin rentan!
  2. Pekerjaan/Hobi: Hati-hati dengan gerakan memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan yang berulang!
  3. Riwayat Cedera: Pernah cedera siku atau pergelangan tangan? Waspada tennis elbow!

Jadi, jika kamu sudah berumur, bekerja atau punya hobi yang banyak gerakan memutar pergelangan tangan, plus punya riwayat cedera siku atau pergelangan tangan, kamu harus ekstra hati-hati ya! Karena kamu termasuk orang yang rentan mengalami tennis elbow.

Usia

Kenapa sih semakin tua semakin rentan tennis elbow? Ini karena seiring bertambahnya usia, tendon kita jadi lebih lemah dan lebih mudah cedera. Kayak karet gelang yang udah lama, jadi nggak sekencang dulu.

Jadi, buat yang udah berumur, hati-hati ya! Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, terutama yang melibatkan gerakan memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan. Soalnya, risiko tennis elbow mengintai!

Pekerjaan/Hobi

Buat kamu yang pekerjaannya atau hobinya banyak melibatkan gerakan memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan, awas ya! Risiko tennis elbow mengintai!

Gerakan-gerakan ini bisa bikin otot lengan bawah dan tendon yang menempel di siku jadi tegang dan meradang. Lama-lama, bisa muncul deh tennis elbow yang bikin siku nyeri dan susah digerakkan.

Contoh pekerjaan atau hobi yang berisiko tinggi menyebabkan tennis elbow antara lain:

  • Pekerja konstruksi
  • Pemain tenis
  • Pemain golf
  • Tukang kebun
  • Pelukis

Jadi, kalau pekerjaan atau hobimu termasuk yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah beraktivitas. Istirahatkan juga tanganmu secara berkala untuk mencegah otot dan tendon kelelahan.

Riwayat Cedera

Buat kamu yang pernah cedera siku atau pergelangan tangan, hati-hati ya! Risiko tennis elbow mengintaimu!

Cedera sebelumnya pada siku atau pergelangan tangan bisa membuat jaringan di area tersebut jadi lebih lemah dan rentan cedera lagi. Nah, kalau kamu memaksakan diri beraktivitas yang melibatkan gerakan memutar dan mengekstensikan pergelangan tangan, bisa-bisa tendon yang menempel di siku meradang dan muncullah tennis elbow.

Jadi, kalau kamu punya riwayat cedera siku atau pergelangan tangan, jangan ngeyel ya! Lakukan pemanasan dan pendinginan yang cukup sebelum dan sesudah beraktivitas. Istirahatkan juga tanganmu secara berkala dan hindari gerakan-gerakan yang bisa memperparah cedera.