Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Hiburan · 10 Mei 2024 01:28 WIB · Waktu Baca

Waspada Komplikasi Penyakit Graves, Bisa Picu Penyakit Mematikan!

Inilah 4 Komplikasi Penyakit Graves Yang Pengaruhi Tiroid Perbesar

Inilah 4 Komplikasi Penyakit Graves Yang Pengaruhi Tiroid

Waspada Komplikasi Penyakit Graves, Bisa Picu Penyakit Mematikan!

Ligaponsel.com – Inilah 4 Komplikasi Penyakit Graves Yang Pengaruhi Tiroid

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tiroid menjadi terlalu aktif (hipertiroidisme). Tiroid adalah kelenjar kecil di leher yang menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Hipertiroidisme dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk penurunan berat badan, jantung berdebar-debar, kecemasan, dan kelelahan.

Jika tidak diobati, penyakit Graves dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius, di antaranya:

  1. Penyakit jantung – Hipertiroidisme dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, dan gagal jantung.
  2. Osteoporosis – Hipertiroidisme dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko patah tulang.
  3. Penyakit mata – Hipertiroidisme dapat menyebabkan mata menonjol, kemerahan, dan berair.
  4. Krisis tiroid – Ini adalah komplikasi langka tapi serius dari penyakit Graves yang dapat menyebabkan demam tinggi, detak jantung sangat cepat, dan delirium.

Penting untuk mendapatkan pengobatan segera jika Anda mengalami gejala penyakit Graves. Pengobatan dini dapat membantu mencegah komplikasi serius dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Sumber:

  • Mayo Clinic: Graves’ Disease
  • National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases: Graves’ Disease

Inilah 4 Komplikasi Penyakit Graves Yang Pengaruhi Tiroid

Penyakit Graves bisa sebabkan komplikasi serius, kenali 4 di antaranya:

  • Penyakit jantung
  • Osteoporosis
  • Penyakit mata
  • Krisis tiroid

Komplikasi ini dapat dicegah dengan pengobatan yang tepat. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala penyakit Graves.

Penyakit jantung

Hipertiroidisme, atau kelebihan hormon tiroid, dapat memberikan efek buruk pada jantung. Jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat dari biasanya, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan detak jantung tidak teratur. Dalam kasus yang parah, hipertiroidisme dapat menyebabkan gagal jantung.

Jika Anda memiliki penyakit Graves, penting untuk mendapatkan pengobatan untuk mencegah komplikasi jantung. Pengobatan dapat membantu menurunkan kadar hormon tiroid dan mengurangi risiko masalah jantung.

Osteoporosis

Penyakit Graves juga dapat menyebabkan osteoporosis, kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini terjadi karena hipertiroidisme menyebabkan tubuh menyerap lebih sedikit kalsium dan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang.

Osteoporosis dapat menyebabkan tulang mudah patah, bahkan karena cedera ringan. Wanita yang menderita penyakit Graves berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis karena mereka sudah memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi dibandingkan pria.

Jika Anda memiliki penyakit Graves, penting untuk mendapatkan pengobatan untuk mencegah osteoporosis. Pengobatan dapat membantu menurunkan kadar hormon tiroid dan mengurangi risiko osteoporosis.

Penyakit mata

Penyakit Graves juga dapat menyebabkan penyakit mata, seperti mata menonjol, kemerahan, dan berair. Hal ini terjadi karena hipertiroidisme menyebabkan peradangan pada jaringan di sekitar mata.

Penyakit mata akibat penyakit Graves dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah penglihatan. Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan kebutaan.

Krisis tiroid

Krisis tiroid adalah komplikasi paling berbahaya dari penyakit Graves. Ini adalah kondisi yang mengancam jiwa yang dapat terjadi ketika kadar hormon tiroid menjadi sangat tinggi.

Gejala krisis tiroid meliputi:

  • Demam tinggi
  • Detak jantung sangat cepat
  • Kejang
  • Koma

Krisis tiroid memerlukan perawatan segera. Pengobatan biasanya melibatkan obat-obatan untuk menurunkan kadar hormon tiroid dan cairan intravena untuk mencegah dehidrasi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ramalan Zodiak 30 Juni: Kejutan untuk Leo & Cancer?

1 Juli 2024 - 15:13 WIB

Eksklusif! Byeon Woo Seok di Jakarta: Ungkap Rahasia & Kesuksesannya

1 Juli 2024 - 15:07 WIB

Tamara Tyasmara Hancur di Kelulusan Dante, Ada Apa?

1 Juli 2024 - 15:01 WIB

Haru Biru! Tamara Tyasmara Gantikan Anak di Wisuda, Kisah Menyentuh di Baliknya

1 Juli 2024 - 15:00 WIB

Air Mata Tamara Tyasmara di Kelulusan Dante, Ada Apa?

1 Juli 2024 - 14:51 WIB

Korban Baru Bermunculan, Nirina Zubir Makin Tersudut?

1 Juli 2024 - 14:48 WIB

Trending di Hiburan