5 Makanan Sehat yang Ternyata Biang Kerok Perut Kembung

waktu baca 4 menit
Senin, 27 Mei 2024 09:20 0 7 Luna

5 Makanan Sehat yang Ternyata Biang Kerok Perut Kembung

Ligaponsel.com – Perut kembung adalah masalah umum yang bisa membuat tidak nyaman. Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, salah satunya adalah makanan. Berikut adalah 5 makanan penyebab perut kembung yang perlu kamu hindari:

1. Kubis dan BrokoliSayuran ini mengandung raffinose, yakni gula alami yang sulit dicerna oleh tubuh. Saat raffinose difermentasi oleh bakteri di usus, akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut kembung.

2. Kacang-kacanganKacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang polong, juga mengandung raffinose. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung oligosakarida, yakni jenis gula lain yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut kembung.

3. Gandum UtuhGandum utuh mengandung fruktan, yakni jenis serat larut yang dapat difermentasi oleh bakteri di usus. Proses fermentasi ini dapat menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung.

4. Produk SusuBagi sebagian orang, produk susu dapat menyebabkan perut kembung karena mengandung laktosa. Laktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk olahannya. Jika tubuh tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, akan terjadi fermentasi yang menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung.

5. Minuman BerkarbonasiMinuman berkarbonasi, seperti soda dan bir, mengandung gas karbon dioksida. Saat minuman ini masuk ke perut, gas karbon dioksida akan melepaskan gas dan menyebabkan perut kembung.

Jika kamu mengalami perut kembung setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsinya. Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt dan kefir, untuk membantu menyehatkan saluran pencernaan dan mengurangi perut kembung.

5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Perut kembung bisa sangat mengganggu. Tapi tahukah kamu ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan masalah ini? Yuk, cari tahu 5 makanan penyebab perut kembung:

  1. Kubis dan Brokoli
  2. Kacang-kacangan
  3. Gandum Utuh
  4. Produk Susu
  5. Minuman Berkarbonasi

Makanan-makanan ini mengandung zat yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga bisa menyebabkan gas dan perut kembung. Jika kamu sering mengalami perut kembung, cobalah hindari atau kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Selain menghindari makanan penyebab perut kembung, kamu juga bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan gejala perut kembung, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt dan kefir, atau minum teh jahe.

Kubis dan Brokoli

Siapa sangka sayuran hijau yang menyehatkan ini bisa bikin perut kembung? Ternyata, kubis dan brokoli mengandung zat bernama raffinose, gula alami yang sulit dicerna oleh tubuh. Ketika raffinose difermentasi oleh bakteri di usus, akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut kembung.

Jadi, kalau kamu lagi pengen makan sayuran hijau, tapi takut perut kembung, bisa coba ganti dengan sayuran lain yang lebih ramah perut, seperti bayam atau selada.

Kacang-kacangan

Siapa yang suka ngemil kacang-kacangan? Hati-hati, kacang-kacangan juga bisa jadi penyebab perut kembung lho!

Kacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang polong, mengandung zat bernama oligosakarida, yaitu jenis gula yang sulit dicerna oleh tubuh. Ketika oligosakarida difermentasi oleh bakteri di usus, akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut kembung.

Jadi, kalau kamu lagi pengen ngemil kacang-kacangan, tapi takut perut kembung, bisa coba ganti dengan camilan lain yang lebih ramah perut, seperti buah-buahan atau sayuran.

Gandum Utuh

Buat yang lagi diet sehat, pasti sering konsumsi gandum utuh, kan? Tapi ternyata, gandum utuh juga bisa jadi biang kerok perut kembung lho!

Gandum utuh mengandung fruktan, sejenis serat larut yang bisa difermentasi oleh bakteri di usus. Proses fermentasi ini menghasilkan gas yang bisa bikin perut kembung. Jadi, kalau kamu lagi makan gandum utuh terus perut kembung, jangan heran ya!

Produk Susu

Buat yang doyan minum susu atau makan keju, hati-hati ya! Produk susu bisa jadi penyebab perut kembung lho!

Produk susu mengandung laktosa, gula alami yang sulit dicerna oleh sebagian orang. Kalau tubuh nggak bisa mencerna laktosa dengan baik, bisa terjadi fermentasi yang menghasilkan gas dan bikin perut kembung.

Minuman Berkarbonasi

Siapa yang nggak suka minuman bersoda? Segar dan bikin melek! Tapi, tahukah kamu kalau minuman berkarbonasi bisa bikin perut kembung?

Minuman berkarbonasi mengandung gas karbon dioksida. Ketika diminum, gas ini akan terlepas di perut dan menyebabkan perut kembung. Jadi, kalau kamu lagi pengen minum yang segar-segar, mending pilih jus buah atau air putih aja deh!