Terungkap! 2 Penyebab Utama Cedera Saraf Tulang Belakang yang Jarang Diketahui

waktu baca 1 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 10:40 0 6 Maira

Terungkap! 2 Penyebab Utama Cedera Saraf Tulang Belakang yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – Cedera saraf tulang belakang adalah kondisi yang bisa terjadi ketika saraf di tulang belakang mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera, infeksi, atau tumor. Cedera saraf tulang belakang bisa menyebabkan berbagai gejala, mulai dari nyeri hingga kelumpuhan.

Ada dua hal utama yang bisa menyebabkan cedera saraf tulang belakang, yaitu:

  1. Trauma

Trauma adalah penyebab paling umum cedera saraf tulang belakang. Trauma bisa terjadi akibat kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, atau cedera olahraga. Trauma dapat menyebabkan tulang belakang patah, terkilir, atau memar, yang kemudian dapat merusak saraf di sekitarnya.

  1. Penyakit

Beberapa penyakit juga bisa menyebabkan cedera saraf tulang belakang. Penyakit-penyakit ini meliputi:

  • Multiple sclerosis
  • Polio
  • Guillain-Barr syndrome
  • Tumor

Cedera saraf tulang belakang bisa menjadi kondisi yang serius. Jika Anda mengalami gejala cedera saraf tulang belakang, segera cari pertolongan medis.

2 Hal Yang Bisa Menyebabkan Cedera Saraf Tulang Belakang

Cedera saraf tulang belakang bisa disebabkan oleh dua hal utama, yaitu trauma dan penyakit. Trauma adalah penyebab paling umum, yang dapat terjadi akibat kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, atau cedera olahraga. Sedangkan penyakit yang dapat menyebabkan cedera saraf tulang belakang antara lain multiple sclerosis, polio, Guillain-Barr syndrome, dan tumor.