Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Terkini · 10 Mei 2024 12:03 WIB · Waktu Baca

8 Tanda Tubuh Teriak Minta Olahraga! Jangan Abaikan!

Harus Tahu 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga Perbesar

Harus Tahu 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga

8 Tanda Tubuh Teriak Minta Olahraga! Jangan Abaikan!

Ligaponsel.com – Harus Tahu 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga

Olahraga itu penting banget buat kesehatan kita. Tapi, tahukah kamu kalau tubuh kita bisa kasih sinyal kalau kita kurang olahraga? Yuk, kenali 8 tandanya:

  1. Mudah CapekKamu merasa cepat lelah meski cuma melakukan aktivitas ringan? Itu bisa jadi tanda kamu kurang olahraga. Olahraga teratur bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh kita.
  2. Susah TidurKurang olahraga bisa bikin tidur kita terganggu. Pasalnya, olahraga bisa membantu mengatur ritme sirkadian, yaitu jam biologis tubuh kita.
  3. Sakit Punggung dan LeherOlahraga yang cukup bisa memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang. Kalau kita kurang olahraga, otot-otot ini jadi lemah dan bisa menyebabkan nyeri punggung dan leher.
  4. SensitifOrang yang kurang olahraga cenderung lebih mudah stres dan sensitif. Olahraga bisa melepaskan hormon endorfin yang punya efek menenangkan.
  5. Konsentrasi BurukKurang olahraga juga bisa mempengaruhi konsentrasi dan daya ingat kita. Olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan fungsi kognitif.
  6. Kekebalan Tubuh LemahOlahraga teratur bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Kalau kita kurang olahraga, kita jadi lebih rentan terserang penyakit.
  7. Kulit KusamOlahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membuat kulit kita tampak lebih sehat dan bercahaya. Kurang olahraga bisa bikin kulit kita kusam dan tidak bernyawa.
  8. Rambut RontokKurang olahraga juga bisa menyebabkan rambut rontok. Pasalnya, olahraga bisa membantu mengurangi stres, salah satu penyebab utama rambut rontok.

Jadi, kalau kamu mengalami beberapa tanda di atas, bisa jadi kamu kurang olahraga. Yuk, mulai berolahraga secara teratur biar tubuh kita tetap sehat dan bugar!

Sumber: [Mayo Clinic](https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/exercise/art-20048389) [National Institute of Health](https://www.nih.gov/news-events/news-releases/regular-exercise-changes-brain-structure-function) [American Heart Association](https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults)

Harus Tahu 8 Tanda Tubuh Kurang Olahraga

Olahraga itu penting, jangan sampai kurang! Kenali 8 tanda tubuhmu kasih sinyal butuh olahraga:

  1. Mudah Capek
  2. Susah Tidur
  3. Sakit Punggung & Leher
  4. Sensitif
  5. Konsentrasi Buruk
  6. Kekebalan Tubuh Lemah
  7. Kulit Kusam
  8. Rambut Rontok

Yuk, mulai olahraga teratur biar tubuh tetap sehat dan bugar!

Mudah Capek

Merasa cepat lelah meski cuma beraktivitas ringan? Bisa jadi tanda kurang olahraga. Olahraga teratur tingkatkan stamina dan daya tahan tubuh kita!

Susah Tidur

Kurang olahraga bikin tidur terganggu. Pasalnya, olahraga bantu atur ritme sirkadian, jam biologis tubuh kita.

Sakit Punggung & Leher

Olahraga cukup perkuat otot sekitar tulang belakang. Kurang olahraga, otot melemah dan bisa sebabkan nyeri punggung dan leher.

Sensitif

Kurang olahraga bikin mudah stres dan sensitif. Olahraga lepaskan hormon endorfin yang punya efek menenangkan.

Konsentrasi Buruk

Kurang olahraga pengaruhi konsentrasi dan daya ingat. Olahraga tingkatkan aliran darah ke otak, sehingga tingkatkan fungsi kognitif.

Kekebalan Tubuh Lemah

Olahraga teratur perkuat sistem kekebalan tubuh. Kurang olahraga, jadi lebih rentan terserang penyakit.

Kulit Kusam

Olahraga tingkatkan sirkulasi darah, bikin kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Kurang olahraga bikin kulit kusam dan tak bernyawa.

Rambut Rontok

Kurang olahraga juga sebabkan rambut rontok. Pasalnya, olahraga bantu kurangi stres, salah satu penyebab utama rambut rontok.

Susah Tidur

Kurang olahraga bikin susah tidur. Padahal, tidur nyenyak itu penting banget buat kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Olahraga bisa bantu atur ritme sirkadian, yaitu jam biologis tubuh kita. Jadi, kalau kita olahraga teratur, tubuh kita bakal tahu kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun.

Sakit Punggung & Leher

Nyeri punggung dan leher itu umum terjadi, apalagi kalau kita kurang olahraga. Otot-otot di sekitar tulang belakang kita jadi lemah dan nggak bisa menopang tubuh dengan baik, akhirnya jadilah sakit.

Olahraga teratur bisa memperkuat otot-otot ini, sehingga bisa mengurangi risiko sakit punggung dan leher. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki postur tubuh kita, yang juga bisa membantu mencegah nyeri punggung dan leher.

Sensitif

Kurang olahraga bisa bikin kita lebih sensitif dan mudah tersinggung. Pasalnya, olahraga bisa bantu atur hormon stres dalam tubuh kita.

Saat kita olahraga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin yang punya efek menenangkan. Hormon ini bisa bantu kita merasa lebih rileks dan nggak gampang stres.

Jadi, kalau kita merasa akhir-akhir ini jadi lebih sensitif dan mudah marah, coba deh olahraga teratur. Siapa tahu, itu bisa bantu kita jadi lebih tenang dan nggak gampang tersinggung.

Konsentrasi Buruk

Kurang olahraga juga bisa bikin konsentrasi kita buyar dan daya ingat kita menurun. Padahal, konsentrasi dan daya ingat yang baik itu penting banget buat kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif kita. Jadi, kalau kita merasa akhir-akhir ini konsentrasi kita jadi buruk dan daya ingat kita menurun, coba deh olahraga teratur. Siapa tahu, itu bisa bantu kita meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

Kekebalan Tubuh Lemah

Kurang olahraga bisa bikin kekebalan tubuh kita melemah. Akibatnya, kita jadi lebih gampang terserang penyakit.

Olahraga teratur bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengurangi peradangan, yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, kalau kita mau punya tubuh yang sehat dan nggak gampang sakit, yuk olahraga teratur!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Andika Perkasa Cagub DKI? Keputusan Mengejutkan PDIP!

1 Juli 2024 - 20:23 WIB

Heboh! Bos Oplos Gas Elpiji Diduga "Bebas" Usai "Tombok" Rp 50 Juta?

1 Juli 2024 - 20:18 WIB

Wasiat Misterius: Pria di Cimindi Bandung Tutup Usia

1 Juli 2024 - 20:13 WIB

BPJS Wajib Bikin SIM? 7 Daerah Ini Berlaku, Ada Sumsel!

1 Juli 2024 - 20:10 WIB

Diciduk! Penculik Balita di Jakarta, Faktanya Bikin Syok!

1 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tragedi Longsor Kandang Ayam Blitar: 2 Tewas, Pemilik Tertimbun

1 Juli 2024 - 19:59 WIB

Trending di Terkini