Fakta Mencengangkan! Prabowo Bongkar Pengeluaran Triliunan Rupiah RI untuk Impor BBM

waktu baca 2 menit
Jumat, 17 Mei 2024 19:43 0 8 Fatimah

Fakta Mencengangkan! Prabowo Bongkar Pengeluaran Triliunan Rupiah RI untuk Impor BBM

Fakta Mencengangkan! Prabowo Bongkar Pengeluaran Triliunan Rupiah RI untuk Impor BBM


Ligaponsel.com – Prabowo Bongkar Fakta RI Habiskan Rp319 T per Tahun untuk Impor BBM

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan fakta bahwa Indonesia menghabiskan Rp319 triliun per tahun untuk mengimpor bahan bakar minyak (BBM). Fakta ini dibongkar Prabowo saat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Prabowo mengatakan, pengeluaran besar untuk impor BBM ini menjadi beban berat bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM dengan mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT).

“Kita harus mengurangi ketergantungan kita terhadap impor BBM. Kita harus mengembangkan EBT, seperti solar, angin, dan air,” kata Prabowo.

Prabowo juga mengatakan, pengembangan EBT akan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan ketahanan energi Indonesia. Ia berharap, Indonesia bisa menjadi negara yang mandiri dalam bidang energi.

“Kita harus menjadi negara yang mandiri dalam bidang energi. Kita harus bisa memenuhi kebutuhan energi kita sendiri,” tegas Prabowo.

Prabowo Bongkar Fakta RI Habiskan Rp319 T per Tahun untuk Impor BBM

Faktanya, Indonesia menghabiskan banyak uang untuk membeli BBM dari luar negeri, yaitu Rp319 triliun per tahun. Jumlah yang sangat besar, bukan?

Mengapa hal ini menjadi masalah? Karena ketergantungan pada impor BBM membuat Indonesia rentan terhadap gejolak harga minyak dunia. Selain itu, impor BBM juga membebani perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungan pada impor BBM. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT).

Dengan mengembangkan EBT, Indonesia dapat menghemat pengeluaran untuk impor BBM dan sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca. Dengan kata lain, pengembangan EBT bermanfaat bagi perekonomian dan lingkungan hidup.