Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 6 Mei 2024 05:14 WIB · Waktu Baca

Rahasia Dibalik Kotoran Telinga Berdarah Terungkap!

Penyebab Kotoran Telinga Berdarah Yang Perlu Diwaspadai Perbesar


Rahasia Dibalik Kotoran Telinga Berdarah Terungkap!

Kotoran telinga berdarah bisa menjadi tanda adanya masalah pada telinga. Ada beberapa penyebab kotoran telinga berdarah yang perlu diwaspadai, di antaranya:

  1. Infeksi telinga: Infeksi telinga, baik infeksi telinga luar maupun infeksi telinga tengah, dapat menyebabkan kotoran telinga berdarah. Infeksi ini biasanya disertai dengan gejala lain, seperti nyeri telinga, demam, dan gangguan pendengaran.
  2. Trauma pada telinga: Trauma pada telinga, seperti akibat kecelakaan atau benturan keras, dapat menyebabkan robekan pada gendang telinga atau saluran telinga. Robekan ini dapat menyebabkan kotoran telinga berdarah.
  3. Benda asing di telinga: Benda asing yang masuk ke dalam telinga, seperti kapas atau serangga, dapat menyebabkan iritasi dan perdarahan pada saluran telinga.
  4. Penumpukan kotoran telinga: Penumpukan kotoran telinga yang berlebihan dapat menyumbat saluran telinga dan menyebabkan iritasi. Iritasi ini dapat menyebabkan perdarahan pada saluran telinga.
  5. Tumor pada telinga: Tumor pada telinga, baik jinak maupun ganas, dapat menyebabkan perdarahan pada saluran telinga.

Jika Anda mengalami kotoran telinga berdarah, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Kotoran Telinga Berdarah Yang Perlu Diwaspadai

Kotoran telinga berdarah bisa jadi pertanda masalah telinga. Ketahui penyebabnya agar bisa diwaspadai dan ditangani sedini mungkin.

  1. Infeksi telinga: Nyeri, demam, pendengaran terganggu.
  2. Trauma telinga: Robekan gendang telinga, benturan keras.
  3. Benda asing: Iritasi, serangga masuk telinga.
  4. Tumor telinga: Pertumbuhan abnormal, jinak atau ganas.

Jika mengalami kotoran telinga berdarah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Infeksi telinga

Infeksi telinga bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Gejalanya antara lain nyeri telinga, demam, dan gangguan pendengaran. Jika infeksi tidak segera diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti mastoiditis atau meningitis.

Penyebab kotoran telinga berdarah yang perlu diwaspadai adalah infeksi telinga. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada saluran telinga, sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengeluarkan darah.

Jika Anda mengalami kotoran telinga berdarah yang disertai dengan gejala infeksi telinga lainnya, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Trauma telinga

Trauma pada telinga dapat terjadi akibat kecelakaan, benturan keras, atau suara yang sangat keras. Trauma dapat menyebabkan robekan pada gendang telinga atau saluran telinga, sehingga menyebabkan perdarahan.

Penyebab kotoran telinga berdarah yang perlu diwaspadai adalah trauma telinga. Trauma ini dapat menyebabkan pembuluh darah di saluran telinga pecah dan mengeluarkan darah.

Jika Anda mengalami kotoran telinga berdarah setelah mengalami trauma pada telinga, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Benda asing

Tahukah kamu kalau benda asing yang masuk ke telinga juga bisa bikin kotoran telinga berdarah? Benda-benda kecil seperti kapas atau serangga yang masuk ke telinga dapat mengiritasi saluran telinga dan menyebabkan pembuluh darah pecah.

Jadi, kalau kamu merasa ada benda asing di telinga, jangan coba-coba mengeluarkannya sendiri ya. Langsung periksakan ke dokter biar ditangani dengan aman dan benar.

Tumor telinga

Tahukah kamu kalau tumor di telinga juga bisa bikin kotoran telinga berdarah? Tumor ini bisa tumbuh di bagian mana saja di telinga, baik di bagian luar maupun bagian dalam. Meskipun sebagian besar tumor telinga jinak, ada juga yang ganas dan bisa membahayakan kesehatan.

Gejala tumor telinga bisa berbeda-beda tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Beberapa gejala yang umum terjadi antara lain:

  • Kotoran telinga berdarah
  • Nyeri telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Telinga berdenging
  • Pusing

Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health