Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Terkini · 17 Mei 2024 16:29 WIB · Waktu Baca

Rahasia Tersembunyi Kolesterol Tinggi: Gejala yang Tak Terduga!

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya Perbesar

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya

Rahasia Tersembunyi Kolesterol Tinggi: Gejala yang Tak Terduga!

Rahasia Tersembunyi Kolesterol Tinggi: Gejala yang Tak Terduga!

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya!

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, dan faktor genetik. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.

Gejala kolesterol tinggi biasanya tidak terlihat. Namun, pada beberapa orang, kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti:

  1. Nyeri dada
  2. Sesak napas
  3. Pusing
  4. Gangguan penglihatan
  5. Nyeri pada kaki atau tangan

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah Anda. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, dokter akan memberikan pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Pengobatan kolesterol tinggi biasanya meliputi perubahan pola makan, olahraga teratur, dan obat-obatan. Perubahan pola makan yang disarankan adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak jenuh dan lemak trans, serta memperbanyak konsumsi makanan berserat. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah statin, resin, dan ezetimibe.

Dengan pengobatan yang tepat, kadar kolesterol tinggi dapat diturunkan dan risiko penyakit jantung dan stroke dapat dikurangi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan menerapkan pola hidup sehat dan berkonsultasi ke dokter secara teratur.

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya

Kolesterol tinggi bagaikan musuh dalam selimut, ia datang tanpa suara namun membawa bahaya.

Berikut 6 aspek penting yang perlu kamu ketahui:

  1. Nyeri dada
  2. Sesak napas
  3. Pusing
  4. Gangguan penglihatan
  5. Nyeri kaki/tangan
  6. Obat penurun kolesterol

Jangan anggap remeh gejala-gejala ini, segera periksakan diri ke dokter jika mengalaminya. Dengan pengobatan yang tepat, kolesterol tinggi dapat ditaklukkan dan kesehatan jantungmu tetap terjaga.

Nyeri dada

Nyeri dada adalah salah satu gejala kolesterol tinggi yang paling umum. Nyeri ini biasanya terasa di bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan, punggung, atau rahang.

Nyeri dada akibat kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh penumpukan plak di arteri koroner, yang memasok darah ke jantung. Plak ini dapat menyumbat arteri dan mengurangi aliran darah ke jantung, sehingga menyebabkan nyeri dada.

Sesak napas

Sesak napas juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Sesak napas ini biasanya terjadi saat beraktivitas atau berolahraga.

Sesak napas akibat kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan plak di arteri paru-paru. Plak ini dapat menyumbat arteri dan mengurangi aliran darah ke paru-paru, sehingga menyebabkan sesak napas.

Pusing

Pusing juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Pusing ini biasanya terjadi saat berdiri atau duduk terlalu lama.

Pusing akibat kolesterol tinggi disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otak. Penurunan aliran darah ini terjadi karena penumpukan plak di arteri karotis, yang memasok darah ke otak.

Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Gangguan penglihatan ini biasanya berupa pandangan kabur atau ganda.

Gangguan penglihatan akibat kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan plak di arteri retina, yang memasok darah ke mata. Plak ini dapat menyumbat arteri dan mengurangi aliran darah ke retina, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan.

Nyeri kaki/tangan

Nyeri kaki atau tangan juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Nyeri ini biasanya terasa seperti kram atau kesemutan.

Nyeri kaki atau tangan akibat kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan plak di arteri perifer, yang memasok darah ke kaki dan tangan. Plak ini dapat menyumbat arteri dan mengurangi aliran darah ke kaki dan tangan, sehingga menyebabkan nyeri.

Obat penurun kolesterol

Kolesterol tinggi bisa diatasi dengan obat-obatan, lho!

Obat-obatan ini bekerja dengan cara:

  1. Menghalangi produksi kolesterol di hati
  2. Menyerap kolesterol dari makanan
  3. Meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL)

Beberapa jenis obat penurun kolesterol yang umum digunakan adalah:

  • Statin
  • Resin
  • Ezetimibe

Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan ini hanya boleh dikonsumsi di bawah pengawasan dokter, ya!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Andika Perkasa Cagub DKI? Keputusan Mengejutkan PDIP!

1 Juli 2024 - 20:23 WIB

Heboh! Bos Oplos Gas Elpiji Diduga "Bebas" Usai "Tombok" Rp 50 Juta?

1 Juli 2024 - 20:18 WIB

Wasiat Misterius: Pria di Cimindi Bandung Tutup Usia

1 Juli 2024 - 20:13 WIB

BPJS Wajib Bikin SIM? 7 Daerah Ini Berlaku, Ada Sumsel!

1 Juli 2024 - 20:10 WIB

Diciduk! Penculik Balita di Jakarta, Faktanya Bikin Syok!

1 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tragedi Longsor Kandang Ayam Blitar: 2 Tewas, Pemilik Tertimbun

1 Juli 2024 - 19:59 WIB

Trending di Terkini